17 Kebun paling berpotensi menghasilkan keuntungan besar di Indonesia

 

Pengertian kebun pada umumnya yaitu sebidang lahan atau tanah ditempat terbuka yang di manfaatkan oleh manusia untuk menanam berbagai jenis tanaman. biasanya kebun ada yang di khususkan untuk menanam satu jenis tanaman misalnya kebun kopi, kebun cengkeh, kebun kakao/cokelat, dll. namun tidak menutup kemungkinan sebuah kebun terdiri dari berbagai jenis tanaman atau istilah populernya tumpang tindih.

Indonesia sendiri di kenal sebagai negara Agraris dimana masyarakat kita sebagian besar bermata pencaharian sebagai Petani. Berdasarkan data dari BPS (Badan Pusat Statistika) pada tahun 2019, luas ladang/huma sekitar 5.188.658 Hektar. sementara data luas lahan pertanian tahun 2016 dari Kementan yaitu sekitar 8.1 juta Hektar.

Nah mengacu pada data luas lahan kebun diatas, secara logika Indonesia tidak perlu lagi impor hasil pertanian. cukup memaksimalkan hasil kebun di negara kita sendiri.

berikut ini 17 (tujuh belas) jenis kebun yang sangat berpotensi menghasilkan keuntungan yang besar untuk masyarakat indonesia :
 
Kakao adalah tanaman asli dari Lembah Amazon Amerika dan suku yang paling di kenal dalam mengelola kakao menjadi bahan makanan dan minuman adalah suku Indian Maya dan suku Aztec. di Indonesia pertama kali yang memperkenalkan kakao adalah orang spanyol sekitar tahun 1560 ke Sulawesi dan Jawa.
 
2. Kebun Sawit
Kelapa sawit juga bukan tanaman asli indonesia seperti kakao. kelapa swit pertama kali masuk ke indonesia oleh orang belanda. dengan membawa empat biji kelapa sawit dari Bourbon, Mauritius, dan Hortus Botanicus, Amsterdam, Belanda. kemudian di tanam di kebun raya bogor dan ternyata berhasil tumbuh subur dan akhirnya di sebar ke sumatra untuk di budidayakan.
 
3. Kebun Kopi 
Pada abad ke-9 pertamakali kopi hanya ada di dataran tinggi Ethiopia. oleh pedagang Arab yang semakin gencar memperluas jangkauan dagangnya dan membawa kopi sampai ke Afrika utara dan ditanam secara massal sehingga kopi semakin menyebar luas sampai ke Asia dan Eropa.
 
4. Kebun Anggur
Anggur dikenal sebagai tanaman liar yang merambat yang termasuk ke dalam keluarga Vitaceae. tumbuh di sekitar pegunungan Kaukasus bagian Tenggara, kemudian menyebar ke Asia Kecil, Yunani, dan Mesir. Kemudian, dari Yunani menyebar ke daratan Eropa, Afrika, Australia, Asia, dan Amerika.

Tanaman ini sudah dibudidayakan sejak tahun 4000 SM di Timur Tengah. Akan tetapi, proses pengolahan buah anggur menjadi minuman anggur baru ditemukan pada tahun 2500 SM oleh bangsa Mesir.

Tanaman anggur di perknalkan di indonesia pada abad ke-17 oleh pemerintah Hindia-Belanda. daerah budidaya dan produksi anggur di indonesia pada waktu itu di daerah Probolinggo, Pasuruan, Panarukan (Jawa Timur), Buleleng (Bali). 

5. Kebun Karet
Tanaman karet (Hevea brasiliensis) merupakan tanaman tropis yang berasal dari lembah Amazon Brazilia. pertama kalinya tanaman karet diperkenalkan di Indonesia pada tahun 1864. awalnya karet ditanam di Kebun Raya Bogor sebagai koleksi. Daritanaman koleksi karet tersebut, kemudian dikembangkan kebeberapa daerah sebagai tanaman perkebunan komersial.

Daerah yang pertama kalinya digunakan sebagai tempat uji coba penanaman karet dipamanukan dan ciasem,  Jawa Barat. Jenis yang pertama kali diuji cobakan dikedua daerah tersebut adalah spesies Ficus Elasticatau karet rambung. Jenis karet Hevea Brasiliensisbaruditanam di Sumatera bagian Timur pada tahun 1902 dan dijawa pada tahun 1906. Karet merupakan komoditi perkebunan primadona ekspor. 
 
6. Kebun Cengkeh
Cengkeh adalah tanaman asli indonesia yang di manfaatkan sebagai rempah atau bumbu masakan pedas. selain itu, cengkeh juga di gunakan untuk bahan utama rokok kretek khas indonesia. selain di Indonesia, ternyata cengkeh juga di budidayakan di Zanzibar, India, dan Sri Lanka.

7. Kebun Vanili
Tanaman Vanili adalah tanaman rempah yang biasa digunakan untuk bahan tambahan atau pengharum pengolahan cokelat. dan bahan minuman lainnya. tanaman ini pertama kali ditemukan oleh bangsa Aztec di hutan Mexico.

Vanili juga dikenal sebagai emas hijau karena harganya yang lumayan mahal karena masih jarang petani yang membudidayakan tanaman ini. Bunga vanili yang telah mekar hanya dapat bertahan satu hari. jika tidak segera di kawinkan maka bunga tersebut akan layu dan mati. 
 
8. Kebun Anggrek
bagi yang hoby dengan bunga sebaiknya mencoba budidaya Anggrek karena harganya yang mahal. di indonesia sendiri ada banyak macan jenis anggrek yang bisa kita budidayakan. ada anggrek bulan, anggrek kasut kumis, anggrek kebutan, dan masih banyak lagi jenis anggrek lainnya.
 
9. Kebun Alpukat
 Buah Alpukat banyak kita jumpai di warung, kedai, cafe, atau coffee shop dalam bentuk jus. Alpukat atau avokad berasal dari tanaman bernama latin Persea americana. Tumbuhan ini dari Meksiko bagian selatan.

10. Kebun Nanas 
Berdasarkan sejarahnya, Nanas adalah tanaman yang berasal dari brazil, masuk ke indonesia di bawa oleh pelaut Portugis dan spanyol sekitar tahun 1599. wilayah indonesia yang banyak membudidayakan Nanas yaitu di pulau Jawa, Sumatra, Kalimantan, Sulawwesi, dan Bali.

11. Kebun Cabe
Tanaman satu ini adalah yang paling favorit di lida orang indonesia. rata rata makanan khas indonesia menggunakan cabe sebagai pelengkap bumbu masakan. namun berdasarkan sejarah yang kami himpun dari berbagai sumber menyatakan bahwa cabe sendiri sebenarnya bukan tanaman asli indonesia. Cabe berasal dari Benua Amerika dan masuk ke Indonesia sekitar abad ke-16 bersamaan 2000-an jenis tumbuhan lainnya oleh para pelaut Portugis dan Spanyol ke Asia Tenggara.

12. Kebun Jagung
sumber karbohidrat selain padi dan gandum adalah jagung. beberapa wilayah di Indonesia menjadikan jagung sebagai salahsatu makanan pokok selain beras yaitu di madura, NTT, Sulawesi, jawa, dan daerah daerah lainnya. 
 
13. Kebun Tomat
Berdasarkan sejarahnya, tomat berasal dari dataran tinggi Amerika Selatan dan spanyol. sementara berdasarkan berbagai sumber yang kami rangkum tomat masuk ke Indonesia sekitar abat ke-18 melalui filipina dan negara Asia lainnya. Tomat sering di manfaatkan sebagai bumbu atau pelengkap masakan khas indonesia sama seperti cabe.
 
14. Kebun Jambu Kristal
Jambu kristal salah satu jenis jambu biji yang banyak tumbuh di Indonesia. Jambu ini memiliki ciri fisik yang menyerupai jambu biji pada umumnya. jambu jenis ini dikenal sebagai jambu tanpa biji walaupun sebenarnya ada biji nya tapi tidak sebanyak jambu biji lainnya.

15. Kebun Porang
Porang belakangan ini semakin viral di Indonesia sebagai komoditi ekspor yang menguntungkan. Sebagai tanaman penghasil karbohidrat, lemak, protein, mineral, vitamin, dan serat pangan.  
 
16. Kebun Durian
Aroma nya yang khas dan kulitnya yang berduri makanya Durian di kenal sebagai king of friut.tanaman ini termasuk tanaman musiman yaitu musim nya rata rata sekali setahun. 
 
17. Kebun Pisang
Tanaman pisang banyak mengandung kalium yang dianggap mampu menurunkan tekanan darah, menjaga kesehatan jantung, memperlancar arus oksigen masuk ke otak. sejarah pisang berdasarkan berbagai sumber yang kami rangkum, pisang berasal dari Asia Tenggara kemudian menyebar ke Amerika Selatan dan Amerika Tengah serta ke Afrika Barat.

Selain 17 jenis kebun di atas, masih banyak lagi tanaman-tanaman yang tidak kalah besar potensi keuntunggannya untuk di budidayakan di kebun. misalnya kebun semangka, kebun rambutan, kebun sayuran, kebun melon, kebun kacang, dan masih banyak lagi lainnya yang akan saya bahas pada post berikutnya.
 
 
 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Wisata Kebun di Indonesia

Luas area kebun kakao / cokelat di Indonesia